go to my homepage
KLIK - kehalaman blog

MENJEMPUT IMPIAN


Sekilas Perjalanan 2012 (Iwan Setiyawan - Corporate Secretary Yatim Mandiri)

Bapak/Ibu Donatur yang dirahmati Alloh SWT, tidak terasa kita saat ini berada dipenghujung tahun 2012. Ijinkanlah kami menyampaikan sekilas perjalanan Yatim Mandiri Selama Tahun 2012. Ditahun ini Yatim Mandiri mengusung tema “Menjemput Impian”, karena impian adalah sumber motivasi dan inspirasi dalam hidup kita. Impian adalah keniscayaan bagi siapa saja yang menginginkan kehidupan yang lebih baik, termasuk anak-anak yatim. Mereka adalah anak-anak yang dalam hatinya masih ada impian, masih ada api semangat yang mendorong untuk melangkah, alangkah bahagianya mereka saat impian itu bisa terwujud menjadi kenyataan.
Lebih dari itu, suatu kehormatan dan amanah bagi kami ketika masyarakat telah memberi kepercayaan untuk menjalankan tugas ini. Adapun salah satu indikator kepercayaan masyarakat/donator bisa dilihat dari peneriman donasi yang semakin bertumbuh. Di tahun 2012 in, Yatim Mandiri diperkirakan berhasil menghimpun donasi nasional yang bersumber dari zakat, infaq/sedekah dan wakaf sebesar Rp. 55.000.000.000,-. Donasi ini mengalami pertumbuhan 27% dari donasi tahun sebelunya. Dengan demikian, Yatim Mandiri terus berusaha menjaga kepercayaan masyarakat dan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya melalui program yang telah terealisasi selama ini.

Program Penyaluran
Dengan tema menjemput impian, Yatim Mandiri melakukan optimalisasi pengelolaan zakat, infaq/sedekah dan wakaf, yang terangkum dalam 4 pilar program pemberdayaan, antara lain:



A.      Program Pendidikan
Adalah program pemberdayaan dibidang pendidikan. Diantaranya meliputi: Beasiswa Yatim Prestasi (BESTARI), penyediaan alat-alat sekola (ASA), Duta Guru dan sanggar belajar GENIUS, Yatim Super Camp, Sekolah Insan Cendekia Mandiri, serta program pendampingan lulus ujian sekolah. Tahun 2012 ini, Yatim Mandiri telah memberikan beasiswa sebesar Rp. 5.063.332.000,00 untuk 18.466 anak yatim.

B.      Program Kesehatan
Merupakan program layanan kesehatan keliling, penyuluhan kesehatan serta perbaikan gizi anak-anak yaim. Program ini menjangkau hingga pelosok-pelosok daerah diwilayah cabang Yatim Mandiri. Alhamdulillah pada tanggal 15 Nopember 2012, telah resmi dibuka klinik Sehat Mandiri yang berlokasi di Jl. Raya jambangan 70 Surabaya. Ini adalah klinik yang pertama, di tahun 2013 Yatim Mandiri bertekad unutk menambah 6 klinik di daerah lainnya.

C.      Program Kemandirian Purna Asuh
Terdiri Dari 2 Pilar, Yaitu Politeknik Mandiri Utama (PMU) dan Mandiri Entrepreneur Center (MEC). Politeknik Mandiri Utama adalah program kuliah gratis bagi anak-anak yatim purna asuh (lulus SMA) menuju kemandirian. Jurusan yang diselenggarakan antara lain: Computer Akuntansi, DGTKI, Desain Grafis, Teknik Computer Serta Managemen Zakat. Total mahasiswa angkatan 2011/2012 sebanyak 152, yang tersebar di 4 kampus, Surabaya, malang, semarang dan bekasi. Semua mahasiswa angkatan 2011/2012, telah diwisuda tanggal 01 Desember 2012, dan dan 100% telah mandiri dengan bekerja. Sedangan program MEC, adalah program pendidikan bagi anak-anak yatim purna asuh yang berupaya member bekal keterampilan berwirausaha dibidang agrobisnis dan peternakan. Selama 1 tahun mereka mendapatkan training intensive dan magang, juga materi nilai-nilai ke-Islaman. Total mahasiswa MEC tahun 2011/2012 sebanyak 48, tersebar di Surabaya (Kuliner Kreatif), Malang (Peternakan Ayam kampung), Klaten (peternakan ayam local pedaging unggul) dan Bojonegoro (Peternakan Sapi).

D.      Program BISA (Ekonomi)
Merupakan program pemberdayaan janda Dhuafa’ dengan memberikan pelatihan usaha serta pemberian modal usaha, baik yang dilakukan secara kelompok maupun perorangan. Di tahun 2012 ada 15 kelompok usaha bunda yatim yang terlah berjalan, tersebar di Surabaya, sidoarjo, jember, Yogyakarta, bekasi dan Jakarta.

PERISTIWA PENTING 2012
1.       Peletakan Batu Pertama Dan Penerimaan Siswa Baru ICM
Mengawali peristiwa penting tahun 2012, pada bulan januari dilakukan pelatakan batu pertama pembangunan Sekolah Insane Cendekia Mandiri oleh Bupati Sidoarjo. Selanjutnya pada bulan Juni 2012/2013. Angkatan pertama terdiri dari 42 siswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

2.       Iso 9001:2008
Dibulan April, Yatim Mandiri dinyatakan lulus Audit sertifikasi ISO 9001:2008. Standarisasi ini adalah upaya untuk meningkatkan system managemen lembaga.
3.       Audit eksternal keuangan 2011
Kepercayaan public adalah modal utama sebuah lembaga amil zakat. Untuk menjaga amanah tersebut perlu adanya control dari pihak eksternal, khususnya dalam pengelolaan keuangan. Alhamdulillah sejak beberapa tahun terakhir, Yatim Mandiri telah diaudit oleh auditor eksternal dengan opini wajar tanpa pengecualian, termasuk laporan keuangan tahun 2011.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada para donator dan mitra corporate atas sinergi yang selama ini terjalin. Tak ada gading yang tak retak, kami mohon maaf jika ada pelayanan yang kurang memuaskan. Seiring dengan berjalannya waktu, kami akan terus berusaha amanah dan professional sehingga semakin banyak anak-anak yatim yang mandiri di negeri ini.

Tidak ada komentar: