go to my homepage
KLIK - kehalaman blog

Wujudkan keceriaan Yatim di Bulan Ramadhan

Iwan Setiyawan. SH
Wakil Direktur Yatim Mandiri


Alhamdulillah, tidak lama lagi kita akan masuk kedalam bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan rahmat dan kemuliaan. Berbagai acara digelar untuk menyambut kedatangannya, mulai dari pawai simpatik, bakti social dan berbagai kajian/tausiah pembekalan Ramadhan.
Namun terkadang kita luput memperhatikan, bahwa ada bagian kecil masyarakat kita yang mungkin tidak begitu ceria sebagai cerianya anak-anak yang bisa tertawa dengan ayah dan bundanya untuk menyambut bulan Ramadhan. Bahkan bisa jadi, ketika anak-anak kita bisa berbapakaian serba baru nantinya di hari kemenangan, mereka hanya bisa melihat dan berharap adanya kebaikan orang lain yang menghampirinya untuk membelikannya pakaian.
                Ya, merekalah anak-anak yatim yang ditinggalkan oleh ayahnya untuk selama-lamanya. Untuk mewujudkan keceriaan yatim di bulan Ramadhan 1434 H ini, Yatim Mandiri mengusung tema “Ramadhan Ceria”. Melalui program-program yang digulirkan selama bulan Ramadhan tersebut, kami mengajak kepada seluruh Masyarakat/Donator untuk wujudkan keceriaan yatim di bulan Ramadhan.
Adapun program Ramadhan ceria bersama Yatim Mandiriadlah sebagai berikut:

1.       Berbagi buka puasa bersama 100.000 anak yatim nusantara.
Program buka puasa bareng anak-anak yatim yang diawali dengan berbagai kegiatan. Untuk membangkitkan semangat berprestasi, Yatim Mandirimengemas kegiatan buka bersama dengan mengadakan olimpiade anak sholeh (oase) dengan berbagai perlombaan kegiatan buka bersama yatim akan digelar diseluruh wilayah binaan Yatim Mandiridi Indonesia.

2.       Berbagi 10.000 al-qur’an
Program wakaf tunai untuk pengadaan al-qur’an yang diperuntukan bagi anak-anak yatim serta keluarga yatim. Melalui program ini diharapkan lahir generasi yatim yang Qur’ani.

3.       Berbagi ceria di hari raya (Kado Lebaran)
Program bingkisan lebaran berupa barang kebutuhan pokok unutk memberikan keceriaan di hari raya yang diperuntukan untuk keluarga yatim dan janda lansia.
Bulan Ramadhan adalah bulan agung  yang dimuliakan allah swt dan rasululuuah saw, sebagai sarana meningkatkan amal, apalagi membantu anak-anak yatim. Begitu istimewanya anak-anak yatim itu, sehingga rasulullah saw mengatakan:

Aku Dan Orang-Orang Yang Mengasuh/Menyantuni Anak Yatim Di Surga Seperti Ini”, Kemudian Beliau Member Isyarat Dengan Jari Telunjuk Dan Jari Tengah Seraya Sedikit Merenggangkannya. (H.R. Bukhori)

Anak-anak yatim memang sangat istimewanya, sehingga amat disayangkan jika Ramadhan yang agung ini berlalu tanpa kebaikan untuk mereka. Mereka adalah anak-anak yang dalam hatinya masih ada impian, masih ada api semangat yang mendorong untuk melangkah, alangkah bahagianya jika kita bisa berbagi keceriaan bersama mereka.

Tidak ada komentar: